Minggu, 23 November 2008

PRINSIP KERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH

Prinsip kerja motor bensin empat langkah (4 tak) terdiri dari:
a. Langkah Isap
Pada langkah isap posisi katup hisap dalam keadaan terbuka, katup buang dalam keadaan menutup serta torak bergerak dari TMA menuju ke TMB. Akibatnya terjadi kevakuman di dalam silinder yang menyebabkan terisapnya campuran udara dan premium masuk ke dalam silinder.
b. Langkah Kompressi
Setelah bahan bakar masuk ke dalam silinder torak masih bergerak dari TMA menuju ke TMB, katup isap mulai menutup sehingga kedua katup dalam keadaan tertutup. Dengan demikian bahan bakar (campuran udara dan premium) tersebut dikompressi oleh tekanan torak ketika torak bergerak dari TMB menuju TMA. Sesaat sebelum torak mencapai TMA, busi memercikkan bunga api listrik pada ujung elektrodanya yang menyebabkan terbakarnya campuran udara dan premium.
c. Langkah Usaha
Ketika campuran udara dan premium terbakar maka terjadi ledakan pembakaran yang menghasilkan tekanan yang tinggi, akibat dari tekanan yang tinggi menyebabkan terdorongnya torak dari TMA menuju TMB (langkah ekspansi). Gaya gerak yang ditimbulkan oleh gerakan torak yang menuju ke TMB diteruskan pada poros engkol melalui tangkai torak. Pada langkah usaha posisi kedua katupnya dalam keadaan menutup.
d. Langkah Buang
Pada langkah buang posisi katup isap dalam keadaan menutup dan katup buang dalam keadaan terbuka sehingga gas bekas keluar dengan sendirinya. Torak bergerak dari TMB menuju ke TMA, mendorong gas sisa pembakaran yang selanjutnya keluar menuju saluran keluar (exhaust manifold). 


   

Tidak ada komentar: