Minggu, 23 November 2008

Motor Bakar Torak

Motor Bakar
         Salah satu jenis penggerak mula yang banyak digunakan adalah mesin kalor, yaitu mesin yang menggunakan energi termal untuk melakukan kerja mekanik. Energi itu sendiri dapat diperoleh dengan proses pembakaran. Dilihat dari perolehan energi termalnya mesin kalor dibagi menjadi dua golongan, yakni motor pembakaran luar (External Combustion Engine) dan motor pembakaran dalam (Internal Combustion Engine). 
       Motor pembakaran luar bahan bakarnya di bakar di ruang pembakaran tersendiri dengan ketel untuk menghasilkan uap, selanjutnya uap yang dihasilkan digunakan untuk menggerakkan sudu-sudu turbin. Jadi mesinnya tidak digerakkan oleh gas yang terbakar, akan tetapi digerakkan oleh uap air. 
Motor pembakaran dalam (Internal Combustion Engine) adalah motor bakar yang pembakaran bahan bakarnya terjadi di dalam motor itu sendiri. Pada motor pembakaran dalam (Internal Combustuion Engine), menggunakan torak (reciprocating piston) dalam pengubahan energi bahan bakar menjadi tenaga gerak, sehingga sering disebut dengan motor bakar torak (Suratman:2003). 
      Motor bakar torak terbagi menjadi dua jenis utama yaitu motor premium (Otto) dan motor Diesel. Perbedaan utama dari kedua motor bakar tersebut terletak pada sistem penyalaannya, pada motor diesel bahan bakarnya (solar) dinyalakan dengan proses penyalaan sendiri (Compression Ignition Engines) yakni udara murni dikompressi dengan tekanan yang tinggi oleh torak lalu disemprotkan solar dalam bentuk kabut hingga terbakar. Sedangkan pada motor premium, bahan bakarnya (campuran udara dan premium) dinyalakan oleh loncatan api listrik di antara kedua elektroda busi, oleh karena itu dinamai juga Spark Ignition Engines. 
        Dilihat dari prinsip kerjanya motor yang digunakan untuk penggerak suatu kendaraan dibagi menjadi dua jenis, yaitu motor 2 tak dan motor 4 tak. Motor 2 tak adalah motor yang setiap satu kali proses pembakaran (siklus) memerlukan dua kali langkah torak dan satu kali putaran poros engkol. Motor 4 tak adalah motor yang setiap satu kali proses pembakaran (siklus) memerlukan empat kali langkah torak dan dua kali putaran poros engkol. 


Tidak ada komentar: